SMAN 1 Nguntoronadi

Pembiasaan Pembinaan Karakter Memperingati Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW 1442 H

SMAN 1 Nguntoronadi. Kisah perjalanan Rasulullah yang dilakukan pada malam hari dan hanya dalam 1 malam merupakan perjalanan terdahsyat sepanjang masa dapat kita jadikan sebagai pembelajaran. Dari peristiwa tersebut Rasulullah mendapatkan sebuah perintah untuk menjalankan salat 5 waktu, yang merupakan salah satu rukun Islam sekaligus menjadi tiang agama. Peristiwa Isra Mikraj apakah hanya memperingati atau sekadar ingat dan berlalu?

Seharusnya kita buka kembali lembaran-lembaran siroh yang mungkin telah usang di hati kita. Betapa luar biasanya peristiwa tersebut. Saat mewahyukan, Allah mengawalinya dengan kata-kata “Subhaana-Mahasuci”. Kata-kata yang mengisyaratkan kekaguman. Allahlah yang memperjalankan Rasul membuatnya berjalan pada malam hari.

Pada peringatan Isra Mikraj tahun ini SMA Negeri 1 Nguntoronadi mengadakan pembinaan karakter dengan tema Isra Mikraj Rasulullah pada hari Jumat tanggal 12 Maret 2021 dengan pembicara Drs. Nursahid, M. Pd yang juga Kepala SMA Negeri 1 Nguntoronadi. Adapun acara kegiatan pembinaan karakter dalam peringatan Isra Mikraj diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh ananda Ilham Akmal Febrian dari kelas XII MIPA dan Amara Rizki Natasya dari kelas XI MIPA 2. Pada acara inti kegiatan pembinaan karakter ini adalah penyampaian materi tentang kisah, substansi, dan  makna dari Isra Mikraj oleh Bapak Drs. Nursahid, M. Pd selaku Kepala SMA Negeri 1 Nguntoronadi. Sedangkan untuk peserta didik yang memiliki kepercayaan lain juga tetap difasilitasi dengan pembinaan karakter dengan pemateri Bapak Cahyono Handono, S. Si sebagai guru pengampu. Kegiatan pembinaan karakter ini diakhiri dengan refleksi dengan peserta didik membuat ringkasan mengenai materi yang disampaikan oleh pembicara. Semoga dengan kegiatan ini seluruh insan SMA Negeri 1 Nguntoronadi baik guru maupun peserta didik memperoleh dan meresapi hikmah beserta makna dari Isra Mikraj. Karena pada dasarnya dalam sebuah perjalanan hidup, kita sebagai manusia selayaknya harus menuju ke arah yang lebih baik. Kita juga perlu bersyukur kepada Allah SWT yang telah mengirimkan seseorang pemimpin yang telah menuntun kita dari kegelapan menuju cahaya kehidupan yang terang benderang.

Selamat memperingati Isra Mikraj 1442 H. semoga di momen ini dapat kita gunakan sebagai pengingat untuk semakin meneladani sifat Rasulullah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas