SMAN 1 Nguntoronadi

Pengaruh Budaya Asing


Ditulis oleh Olivia Safitri Kelas XI MIPA 1

Selamat membaca.


Budaya asing merupakan budaya dari luar yang berasal dari negara lain, contohnya budaya barat yang identik dengan “orang berkulit putih”. Dampak masuknya budaya asing terhadap Indonesia selalu membawa dampak positif juga dampak negatif. Pengaruh negatif terhadap bangsa Indonesia menyebabkan keguncangan budaya (cultural shock). Yang di mana masyarakat Indonesia cenderung menyukai apa yang tidak seharusnya mereka sukai, termasuk menyebarnya perilaku konsumtif.

Pertama, menyebabkannya guncangan budaya (cultural shock) di mana masuknya budaya lain terhadap suatu negara yang mengakibatkan perubahan yang sangat mendadak dan memungkinkan juga pengaruh budaya luar akan mengakibatkan perubahan nilai-nilai budaya yang ada di Indonesia.

Selain itu, masyarakat Indonesia yang cenderung menyukai perubahan selalu menganggap budaya lain sebagai wadah baru yang patut dicoba dan selalu beranggapan bahwa masuknya budaya asing itu adalah suatu hal yang wajar. Bukan hanya itu saja, masyarakat Indonesia juga menjadi individualistis di mana mereka mempunyai pola pikir bahwa kepentingan diri sendirilah yang paling utama, padahal hal itu sangatlah merusak nilai nilai bangsa Indonesia yang di mana kebersamaanlah yang menjadi kunci utama Indonesia bisa bersatu.

Yang kedua, masyarakat Indonesia mempunyai perilaku yang konsumtif, di mana semua orang menjadi materialistis, yang beranggapan bahwa barang mewah menjadi hal penting bagi semua orang. Masyarakat lebih memilih membeli produk luar negeri yang menyebabkanya produk produk dalam negeri kurang diminati oleh bangsa sendiri. Mereka lebih sering membeli produk luar negeri yang cenderung lebih mahal dibandingkan membeli produk dalam negeri.

Kesenjangan sosial yang terjadi di Indonesia menyebabkan perbedaan antara masyarakat kalangan atas dan masyarakat kalangan bawah. Dari perilaku konsumtif itulah contohnya yang menyebabkan masyarakat Indonesia yang berada di kelas bahwa akan merasa semakin terpuruk yang menyebabkannya kesenjangan sosial.

Dari penjelasan di atas, saya sering merasa bahwa apa yang dimaksudkan dengan budaya asing masuk ke Indonesia lebih banyak menyebabkan perubahan negatif daripada perubahan yang positif. Maka dari itu sebaiknya masyarakat Indonesia harus lebih pandai dalam menyaring budaya asing yang akan masuk ke Indonesia, selalu berhati-hati dalam melakukan sesuatu dan pandai pandai bergaul agar kedepannya masyarakat kita tidak merusak citra nama baik bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas